Rabu, 20 Maret 2013


Persamaan orang sukses dan bahagia
Daun itu kering, kala ia terjauhkan dari lingkungan yang membuatnya tetap terjaga hidup hijau segar
Rizki Ananda

Kesuksesan dan kebahagian bisa saja menjadi suatu hal yang terpisahkan kala seseorang menjadikannnya benar-benar terpisah. Banyak orang yang sukses namun tidak bahagia dan ada juga orang yang bahagia tapi banyak orang lain berkata “dia bukan orang sukses”. Hanya saja ada satu hal yang menjadi persamaan alasan sukses atau bahagianya seseorang. Persamaan mereka adalah mereka berada bersama orang dan lingkungan yang tepat. Mengapa begitu, , , , ,? Saya akan menganalogikan sebuah karya Allah SWT kepada anda, yaitu tentang bagaimana sehelai daun yang tetap hijau jika masih menempel dari batangnya dan kering jika terlepas dari batangnya tersebut.


Tahukah kita bahwa sebenarnya keringnya sehelai daun tatkala terlepaskan dirinya dari batangnya itu karena apa ? Mari perhatikan dengan lebih saksama, daun itu kering bukan karena panas matahari yang mencekam disiang hari ataupun karena dinginnya malam, bukan juga hanya karena pengaruh kimiawi zatnnya. Tapi kekeringan pada diri daun itu terjadi karena, dia jauh dari sesuatu yang telah memberikannya energy untuk hidup, menyalurkan karbondioksida padanya, meberikannya kebersamaan untuk tetap tumbuh, dan memberi selalu hawa positif padanya—sesuatu yang tidak lain adalah pohon induk dari daun itu sendiri.

Lebih lanjut, daun yang segar segar yang tetap berada dipohon induknya selalu saja terlihat menjadi daun yang menarik karena kehijauannya. Kehijauan yang lahir karena dukungan lingkungannya, dukungan pohon induknya dalam memberikannya energy untuk tetap hidup, kokohnya ranting yang menyanggah ia dan berhelai-helai daun lainnya.

Seperti daun yang kering keriput dan hijau segar diatas, hal yang sama juga bisa terjadi kepada kita manusia, jika kita berada dilingkungan, disituasi dan bersama orang-orang yang selalu mendukung kita dengan energy dari hawa negatif. Kita hanya akan menjadi orang yang akan ahli dalam berbuat keburukan, kerusakan dan kehancuran. Seperti para koruptor, pembunuh, dan lain sebagainya. Sebaliknya, jika kita, diberi energy positif yang bersumber dari kebaikan hati orang yang ikhlas memberi kita ilmu, ikhlas memberi kita energy positif, lingkungan yang selalu memberi kita ketenangan yang damai dan membuat kita terus tumbuh dengan kualitas yang indah—kita akan menjadi orang yang berwibawa, dikagumi banyak orang, cerdas, ulet , tekun dan lain sebagainya, dimana hal tersebut akan menghantarkan kita kepada hasil yang kita ingin dapatkan, yaitu kesuksesan dan kebahagian.
***
Kembali ke persamaan orang sukses dan bahagia tadi, yaitu mereka berada dan bersama orang dan lingkungan yang tepat. Dengan kata lain seperti daun tadi, jika lingkungannya tidak tepat daun tersebut akan kering atau akan segar tergantung lingkungannya, apakah dia masih  bersamanya atau tidak. Nah, maka dari itu jika kita ingin sukses dan bahagia kita harus sadar bahwa satu dari beberapa hal yang akan membuat kita sukses dan bahagia adalah memilih dan berada dilingkungan yang mendukung kita untuk tetap sukses dan bahagia.

Agar kita dapat mencapai target sukses dan bahagia lewat pilihan lingkungan yang tepat, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.
1.      Cari lingkungan yang membuat kita nyaman berada disana karena membuat kita semakin dekat dengan kesuksesan kita.

Jika kita menganggap diri kita sukses dan bahagia dengan menjadi petinju. Maka bergaullah di komunitas para petinju yang mendukung kita untuk selalu meningkatkan kualitas permainan tinju kita. Ingat, bukan hanya sekedar komunitas tinju, tapi komunitas tinju yang membuat kita nyaman dan mendukung kita untuk menjadi petinju hebat seperti keinginan kita. Begitu juga dengan lingkungan profesi lain dan target lainnya, kenyamanan juga adalah faktor pentingnya.

2.      Carilah lingkungan yang membuat kita dituntut untuk selalu berkontribusi positif sesuai target yang membuat kita sukses dan bahagia.

Bukan hanya lingkungan yang membuat kita nyaman, tapi juga lingkungan yang membuat kita terus bergerak secara positif agar kita terus tumbuh. Seperti tadi, jika kita ingin menjadi petinju hebat, dilingkungan itu kita juga terasa dituntut untuk melakukan aksi dengan berlatih untuk menjadi petinju yang akan memenangkan berbagai kompetisi tinju. Dituntut disini misalnya, ketika kita di lingkungan tersebut kita termotivasi oleh seseorang yang mendapatkan pujian dan penghargaan dari banyak orang. Makanya, karena kita ingin sukses dan bahagia, kita merasa tertuntut untuk bertindak agar kita bisa melebihi orang-orang hebat dilingkungan itu.

3.      Pilih lingkungan yang mengajarkan kita arti kebahagian dan kesuksesan kita.

Pada tips 1 dan 2 kita sudah dibuat nyaman dan dituntut melakukan aksi. Nah, di bagian yang ketiga ini kita juga harus mempertimbangkan apakah lingkungan kita itu mengajarkan kita tentang kesuksesan dan kebahagian menjadi petinju atau tidak ? atau apakah kita diberitahu apa saja hal yang salah dan apa saja hal-hal yang benar dalam dunia tinju tersebut, agar kita bisa sukses dan bahagia dan apakah kita diajarkan teknik atau metode untuk menjadi petinnju yang sukses dan bahagia ?

4.      Pertanyakan, apakah lingkungan itu benar-benar akan membawa anda ketempat kesuksesan dan kebahagiaan yang anda tuju jika anda disana ?

Pertimbangan terakhir ini adalah pertimbangan yang penting. Mungkin kita sudah diajarkan disana, kita juga dituntut/terangsang langsung melakukan aksi konkrit dilingkungan itu, dan lebih dari itu lingkungan itu juga telah membuat kita nyaman. Oleh karena itu yang terakhir ini, kita harus berusaha memperhatikan ketepatan lingkungann tersebut. Jika kita menjadi pengusaha misalnya. Kita ingin menjadi pengusaha di bidang property. Tapi, ingkungan kita adalah lingkungan yang hanya akan membawa kita untuk nyaman berwirausaha, belajar bertindak di dunia usaha dan diajarkan berwirausaha yang benar secara umum. Jadi, semua hal tersebut hanya akan membawa kita ke kesuksesan kewirausahaan yang mereka inginkan, tapi bukan kepada bidang usaha yang kita ingin sukseskan—menjadi pengusaha property handal.

Itulah beberapa hal yang patut kita pertimbangkan dalam meningkatkan efisiensi lingkungan sebagai pen-support kesuksesan dan kebahagian kita. Terakhir, lingkungan (terdiri dari: orang-orang, situasi dan kondisi) adalah sebuah hal vital yang tingkat efektifitasnya tinggi dalam membawa kita pada pencapaian yang kita inginkan. Maka pilihlah dengan tepat—penuh pertimbangan, seperti seorang koki memilih bahan masakan yang tepat untuk menciptakan paduan rasa yang khas dan lezat dari sebuah makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon kritik dan sarannya, karena kritik adalah bentuk kasih sayang yang sangat membangun.... !

Terimakasih..
Salam pemburu