Senin, 17 September 2012

7 Khasiat Kegagalan


7 Khasiat Kegagalan
Kegagalan adalah penegur paling baik, Rizki Ananda

Setiap hal yang dilakukan adalah berdampak. Setiap tindakan selalu berpengaruh.Dan bahkan setiap gerak maupun gerik kita memberikan efek terhadap kejadian yang lain. Rizki Ananda
Jauh berbeda memang antara kegagalan dan keberhasilan. Kedua kata itu begitu berlawanan maknanya dan hasilnya ketika kita tarik sebagai akibat dari suatu perbuatan dalam sebuah perilaku kita dalam keseharian. Kebanyakan orang cenderung menempatkan kegagalan sebagai suatu hal yang tidak ada manfaatnya terjadi didalam sebuah proses pencapaian hidup diri mereka. Bahkan ada yang sampai menyesali dirinya ketika menerima kegagalan tersebut. Hingga tidak tidur sampai larut malam, bahkan ada yang jatuh pingsan ketika menyadari mereka gagal dalam mendapat hasil, bahkan yang terparah sampai bunuh diri karena gagal mencapai suatu tujuan maupun target mereka.
Disini ada beberapa hal yang patut disadari dan dicermati bahwa, sebuah kegagalan yang tidak kita inginkan pun sebenarnya memiliki beberapa khasiat. Dimana dengan khasiatnya itu, kita tidak perlu menyesali diri kita tidak sukses mencapai sebuah target yang kita ingin capai. Karena kegagalan juga indah dampaknya.
 7 khasiat dari kegagalan yaitu
1.      Dapat menasihati kita
Orang yang berjuang dengan akhir perjuangannya itu meraka menuai sebuah kegagalan mereka akan sadar untuk berubah. Nah, disinilah manfaat dari kegagalan, karena kegagalan itu memberi nasehat pada orang gagal untuk mempelajari kegagalannya, bukan malah mengeluh-ngeluhkannya.
2.      Menyembuhkan penyakit keras kepala, karena kegagalan itu menegur orang yang keras kepala
Orang keras kepala ketika mereka mendapati kegagalan yang mereka temukan saat sedang memperjuangkan sesuatu, mereka nantinya akan tersadar secara tidak langsung, bahwa sesuatu yang mereka kekehkan tidak memanen hasil yang mereka inginkan. Sehingga mereka akan tersadar bahwa mereka itu terlalu keras kepala terhadap kemauan-kemaunnya untuk mencapai sebuah hasil yang ditargetkan mereka.
3.      Bisa menguji kualitas semangat
Orang yang gagal dengan kecenderungan pesimis, ragu-ragu, kecewa dan mengeluh terhadap suatu kegiatan yang mereka lakukan adalah orang yang mudah kehilangan semangat. Kegagalan ini akan menjadi sebuah alat yang bisa kita lihat untuk mengukut kualitas semangat seseorang terhadap minatnya dalam suatu kegiatan yang mereka lakukan. Orang yang sejatinya benar-benar semangat dalam mengambil sebuah peran akan terlihat nilai semangatnya walau dengan hambatan kegagalan itu sendiri.
4.      Membantu kita untuk mengukur diri
Kegagalan membantu kita untuk merenungi kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat ketika kita memperjuangkan sesuatu yang kita inginkan dengan harapan kita bisa sukses.
Membuat tidur-tidur malam kita menjadi wadah intropeksi, membuat doa-doa kita menjadi sebuah hal yang sacral untuk tidak terjategun tanpa air mata. Dimana, dengan itu akan membuat kita dapat mengukur hal-hal apa saja yang kita lakuan dengan kesalahan atau kebenaran dan dimana letak kekurangan kita atau kelebihan kita. Oleh karena itu, kegaglan membantu kita untuk berhenti sejenak agar kita dapat mengukur kualitas diri.
5.      Mampu memberi perintah kita
Orang yang gagal akan berhenti melakukan hal yang mungkin sudah mustahil baginya untuk dicapai. Sehingga membuat diri kita terperintah untuk melakukan hal yang lain.  Atau hanya sekedar memberi perintah agar kita mengatur ulang rencana maupun pergerakan dalam berjuang untuk mencapai sebuah hasil.
6.      Membantu kita untuk belajar dan belajar
Kegagalan memberi kita tuntunan yang menuntut agar kita mengulangi persiapan kita dan mempelajari apa apa saja yang sudah kita lakukan, belum kita lakukan atau hal apa yang kita perlu lakukan. Sehingga kita akan terus mencoba belajar dan belajar.
7.      Dapat memberi peringatan
Kebanyakan orang melakukan kegiatan perjuangan tanpa mempelajari ketidaksiapannya, ketidakmapuannya dan realitas potensi dirinya untuk mampu mencapai sesuatu. Dengan itu, ketika ada orang yang menerima kegagalan, mereka tersadar bahwa mereka sedang di beri peringatan untuk memperbaiki dan memmilih jalan lain untuk dicapai.
Pada akhirnya kita harus sepakat bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, adalah suatu hal yang baik adanya apabila kita memandannya dengan cara yang berbeda. Karena hidup, objek ataupun kondisi tergantung dari bagaimana kita memandangnya. Termasuk kegagalan, kita harus senantiasamya memandang sebagai suatu hal yang juga memberi nilai lebih untuk pertumbuhan kualitas diri kita.

*Caution Ingat selalu untuk mencatat tipsnya dan kemudian menghafalnya, karena ilmu yang dicatatkan mengindikasikan bahwa itu adalah hal penting ketimbang ilmu yang hanya kita biarkan didalam ingatan saja.
Salam Pemburu ! Life is The Hunt
Fb: Konsultan Hunter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon kritik dan sarannya, karena kritik adalah bentuk kasih sayang yang sangat membangun.... !

Terimakasih..
Salam pemburu